Korban kecelakaan pesawat Susi Air saat dievakuasi ke RSUD Mimika. (Foto : iNews/Saldi Hermanto)
Saldi Hermanto

TIMIKA, iNews.id - Petugas SAR gabungan mengevakuasi para korban kecelakaan pesawat Susi Air PK-BVM Pilatus PC-6/B2-H4 Turbo Porter yang jatuh di wilayah Kampung Duma, Distrik Dumadama, Kabupaten Paniai, Papua, Kamis (23/6/2022) pagi. Seluruh korban berjumlah tujuh orang dalam kondisi selamat meski ada yang terluka.

Dari tujuh korban, lima orang dievakuasi menggunakan Helikopter Caracal milik TNI AU ke RSUD Mimika dari lokasi jatuhnya pesawat. Sementara dua korban lagi memilih tinggal dan bertahan karena merupakan warga setempat. Mereka sudah dibantu evakuasi masyarakat sekitar yang merupakan kerabat kedua korban di Kampung Duma.

"Lima korban saja yang kami evakuasi, dua orang lainnya tidak ikut karena orang asli sana. Mereka berdua tinggal," ujar Kepala Kantor SAR Timika George LM Randang di Timika, Kamis (23/6/2022).

Menurutnya, saat ini kelima korban sudah dibawa menggunakan ambulans menuju RSUD Mimika.

Sementara Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Slamet Suhartono menjelaskan, lokasi kejadian merupakan wilayah perbukitan, namun di sekitarnya terdapat pemukiman warga.

Bahkan, para korban terlebih dahulu sudah dievakuasi masyarakat setempat dari lokasi kecelakaan pesawat menuju permukiman setempat.

"Jarak dari permukiman ke lokasi jatuh pesawat sekitar 1 kilometer," kata Danlanud.

Menurutnya, kondisi dari beberapa korban mengalami luka patah kaki. Ada juga yang luka robek akibat benturan keras saat pesawat kecelakaan.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT