Pelaku pemalakan di Jalan Raya Jayapura diamankan polisi. (Foto: Istimewa).
Andi Mohammad Ikhbal

SENTANI, iNews.id - Pemalak warga di Jalan Raya Jayapura ditangkap polisi. Pelaku ternyata otak dari aksi kriminal ini, termasuk provokator perusakan bus.

Aksi ini kerap terjadi di jalan arah Nimbokrang, Kampung Mekari, Distrik Kemtuk. Mereka menjadi target operasi polisi, karena sudah meresahkan warga dan kerap melakukan perusakan bus penumpang bila sopir enggan memberikan uang.

Kapolsek Kemtuk, Iptu Usriyanto mengatakan, pelaku yang diamankan ini merupakan otak aksi pemalakan, IY (26). Dia beraksi bersama dua orang lainnya yang dalam pengejaran petugas.

"Modusnya memalak kendaraan yang melintas. Mereka juga melemparkan batu ke bus tujuan Taja Kaureh yang mengakibatkan sopir dan 3 penumpang luka-luka," kata Uptu Usriyanto di Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (22/12/2021).

Aksi pemalakan ini dilatarbelakangi pengaruh minuman keras (miras). Karena itulah polisi juga menggencarkan razia minuman beralkohol untuk mengantisipasi tindakan serupa.

"IY sudah kami amankan. Tapi warga yang melintas di jalur tersebut kami minta tetap berhati-hati. Bila kembali terjadi pemalakan serupa langsung hubungi call centre Polsek Kemtuk," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal

BERITA TERKAIT