150 Kios di Oksibil Papua Terbakar, Polisi: Ini Ulah Sekelompok Pemuda Mabuk

Antara ยท Kamis, 26 September 2019 - 23:45 WIB
150 Kios di Oksibil Papua Terbakar, Polisi: Ini Ulah Sekelompok Pemuda Mabuk
Kebakaran kios. (Foto: Dok iNews).

OKSIBIL, iNews.id - Polda Papua menyebutkan sebanyak 150 unit kios di Jalan Balasu, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, terbakar pada Kamis (26/9/2019) sore. Aksi tersebut dilakukan tujuh orang pemuda yang diduga sedang dalam kondisi mabuk minuman keras (miras).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal mengatakan, peristiwa itu diawali aksi perusakan di sekitar lokasi. Karena para pelaku dalam kondisi mabuk, mereka pun membakar kios dan api merambat hingga menghanguskan ratusan unit kios di sana.

"Sebanyak 150 unit rumah kios habis terbakar," kata Kamal kepada wartawan di Kota Jayapura, Papua, Kamis.

Kronologinya, kata dia, pada pukul 15.00 WIT, sekelompok pemuda pesta miras di Pasar Mabilabol, Distrik Oksibil. Mereka awalnya hanya melakukan aksi perusakan meja penjual pinang. Warga pun melaporkan mereka ke polisi karena dinilai membuat resah masyarakat.

Sekitar pukul 15.20 WIT, patroli gabungan TNI-Polri yang dipimpin oleh Ipda Budi Wahyono mendatangi TKP perusakan Pasar Mabilabol dan mengamankan salah satu pemuda atas nama Yusmen ke Polres Pegunungan Bintang.

"Saat itu, para pemuda lainnya tidak terima, selanjutnya mengejar mobil patroli dan berkata 'kembalikan teman kami, kami akan kacau," ujar dia.

Selanjutnya pada pukul 15.25 WIT, satu orang pemuda lainnya atas nama Bondo dalam keadaan mabuk mendatangi kantor polisi, meminta agar rekannya dipulangkan. Dia juga menginformasikan bahwa para pemuda lainnya telah melakukan perusakan Pasar Mabilabol.

Tidak lama setelah itu, Kabag Ren Polres Pegunungan Bintang AKP M Amir menyetujui permintaan Bondo untuk memulangkan Yusmen. Dia pun memberikan arahan agar tidak melakukan perusakan lagi, dan Yusmen diantar pulang oleh anggota Satpol PP setempat.

"Namun pada pukul 16.30 WIT, Polres Pegunungan Bintang menerima laporan lagi bahwa telah terjadi perusakan dan pembakaran kios yang merembet ke tempat usaha lainnya yang berada di sepanjang Jalan Balusu," ujarnya.

Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Michael Mumbunan, kemudian memberikan instruksi ke jajarannya untuk mengamankan lokasi dan mengevakuasi warga ke Mapolres Pegunungan Bintang, Kantor Koramil Oksibil dan sejumlah tempat ibadah.

"Kobaran api di rumah kios yang terletak di Jalan Balusu baru dapat dipadamkan sekitar pukul 20.20 WIT," katanya.

Kasus ini, kata dia, sudah ditangani oleh Polres Pegunungan Bintang. Dia mengimbau semua pihak mempercayakan penanganan kasus ke polisi. Warga pun diimbau menahan diri dan tetap tenang agar situasi tetap aman dan kondusif.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal