2 Prajurit TNI Gugur saat Pengamanan Jelang Natal di Intan Jaya Papua

Donald Karouw ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 13:31 WIB
2 Prajurit TNI Gugur saat Pengamanan Jelang Natal di Intan Jaya Papua
Suasana proses evakuasi kedua prajurit TNI yang gugur saat baku tembak antara Satgas Gakum TNI bersama Polri dengan KKB di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (17/12/2019). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Dua prajurit TNI gugur saat pengamanan menjelang perayaan Natal di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (17/12/2019). Kedua prajurit gugur setelah Satgas Penegakan Hukum (Gakum) TNI bersama Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terlibat kontak tembak sekitar pukul 15.30 WIT.

Kedua prajurit TNI yang gugur, yamni Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky. Saat ini, kedua jenazah dalam proses evakuasi dari Distrik Sugapa.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan, sebelum baku tembak terjadi, Satgas Gakum TNI bersama Polri sebelumnya beberapa kali mendapat informasi dari masyarakat Sugapa bahwa warga masyarakat yang mempersiapkan perayaan Natal mendapat gangguan keamanan. Gangguan itu berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda.

“Gangguan itu dilakukan oleh KKB dan mereka diduga pelaku penembakan terhadap tiga tukang ojek pada bulan Oktober 2019 lalu,” kata Sus Taibur Rahman dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Rabu (18/12/2019).

 

BACA JUGA: Kontak Tembak dengan KKB di Intan Jaya Papua, 2 Prajurit TNI Luka Parah

 

Dia mengatakan, menindaklanjuti laporan tersebut, Satgas Gakum TNI bersama Polri turun tangan. Mereka meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada warga, terutama menjelang perayaan Natal. Namun, saat melaksanakan patroli keamanan, terjadi kontak tembak antara Satgas Gakum TNI dan KKB.

“Dalam baku tembak itu, dua prajurit TNI gugur yaitu Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky,” katanya.

Kabidpenum Puspen TNI menjelaskan, pascakontak tembak, Satgas Gakum TNI dan Polri terus melakukan pengejaran untuk menangkap KKB yang melarikan diri ke hutan. Satgas juga memastikan terjaminnya keamanan masyarakat menjelang perayaan Natal.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw sebelumnya juga telah menginformasikan, dua prajurit TNI luka parah saat terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dengan KKB di sekitar Kampung Kolapa dan Kampung Wabui, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kedua prajurit TNI itu yakni, Lettu Inf Reski Sidabutar dan Serda Rizky. Kontak tembak tersebut terjadi Selasa (17/12/2019) pukul 15.30 WIT. Namun, saat itu kondisi terakhir kedua prajurit belum bisa dipastikan.


Editor : Maria Christina