5 Anggota KKB Diamankan Tak Masuk DPO, Kasus Ini Ditangani Polda Papua

Antara ยท Jumat, 16 Juli 2021 - 11:20:00 WIT
5 Anggota KKB Diamankan Tak Masuk DPO, Kasus Ini Ditangani Polda Papua
Anggota KKB yang kerap meneror warga. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Lima anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang diamankan di wilayah Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, tidak masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Namun peranan mereka dalam berbagai aksi kriminal, masih diselidiki.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, meski tidak masuk DPO, tidak tertutup kemungkinan terkait kasus lain dan itu yang akan diteliti apakah ada keterkaitan dengan komplotan KKB di wilayah Puncak.

"Kelima anggota KKB yang diamankan itu tidak masuk dalam DPO kepolisian," kata Irjen Pol Fakhiri di Kota Jayapura, Papua, Kamis (15/7/2021).

Kelima anggota KKB ini akan ditangani Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Papua. Mereka akan dibawa ke Kota Jayapura untuk menjalani pemeriksaan polisi.

Penyelidikan langsung diambil oleh Polda Papua karena banyak sekali kasus kekerasan yang menewaskan warga sipil di wilayah Pegunungan Papua.

"Biasanya setelah mereka melakukan aksi kriminal langsung melarikan diri ke berbagai tempat atau daerah di sekitarnya," ujar Kapolda.

Sebelumnya polisi menangkap lima orang diduga anggota KKB di wilayah Sinak, Kabupaten Puncak, Papua. Namun keterlibatan mereka dengan KKB masih diselidiki petugas.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: