50 Personel Gabungan Pulangkan Pekerja Bukan Karyawan di Area Tambang PT Freeport

Andi Mohammad Ikhbal ยท Kamis, 25 November 2021 - 11:05:00 WIT
50 Personel Gabungan Pulangkan Pekerja Bukan Karyawan di Area Tambang PT Freeport
Ratusan pendulang emas ilegal dipulangkan. (Foto: Istimewa).

TIMIKA, iNews.id - Sebanyak 50 personel gabungan dari TNI Polri bernegosiasi dengan warga untuk memulangkan ratusan pekerja bukan karyawan di area tambang PT Freeport. Mereka diduga pendulang emas liar di sekitar Mandalikars Yard Mile 72 Distrik Tembagapura.

Kegiatan ini dipimpin Kapolsek Tembagapura AKP Ahmad Dahlan dan didampingi Danyon Brimob Yon B Mimika Kompol Afrizal dan Kepala Distrik Tembagapura Thobias Yawame, Rabu (24/11/2021).

Setelah bernegosiasi, para pekerja ini bersedia untuk mengosongkan area Kali Kabur dan kembali ke Kota Timika. Namun mereka meminta manajemen PT Freeport mempertimbangkan para pekerja ini sebagai karyawan. Selain itu jangan ada kekerasan saat sweeping pendulang emas ilegal.

"Ada 156 orang pekerja non karyawan ini yang dipulangkan. Mereka difasilitasi bus untuk kembali ke Timika dengan pengawalan dari Brimob Polda Papua," kata AKP Ahmad Dahlan di Kabupaten Mimika.

Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar, menurunkan puluhan personel dari Polres, Polsek dan Brimob melakukan pengamanan pembongkaran barang bawaan dari dalam bus bertempat di chek point Mile 28.

"Untuk melakukan pembongkaran barang bawaan PT Freeport telah menyiapkan truk untuk diangkut dan dibawa ke tempat tinggal mereka di Kwamki Narama, sedangkan warga yang lain menggunakan kendaraan sendiri untuk kembali ke rumah masing-masing," ujar Kapolsek Mimika.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: