523 Pedagang di Pasar Youtefa Jayapura Ikut Rapid Test, 73 Orang Reaktif

Edy Siswanto ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 11:15 WIT
523 Pedagang di Pasar Youtefa Jayapura Ikut Rapid Test, 73 Orang Reaktif
Pedagang Pasar Youtefa ikut rapid test. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

JAYAPURA, iNews.id - Sebanyak 523 pedagang di Pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua, mengikuti rapid test. Dari jumlah tersebut, ada 73 peserta yang dinyatakan reaktif dan langsung menjalani tes swab.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari mengatakan, target awalnya ada 1.000-an peserta rapid test, tapi yang menjalani pemeriksaan hanya 500-an orang.

"Ada 73 yang dinyatakan reaktif. Kami langsung lakukan tes swab," kata Ni Nyoman di Kota Jayapura, Papua, Senin (22/6/2020).

Dia mengatakan, tim dari gugus tugas akan terus berupaya menemukan kasus positif Covid-19 sedini mungkin dengan cara menggalakkan rapid test kepada semua komunitas di Kota Jayapura.

Menurutnya, mereka yang dinyatakan reaktif rapid test akan langsung menjalani pemeriksaan lanjutan dengan tes swab. Langkah ini dinilai dapat memutus mata rantai penularan virus corona.

"Kita lakukan ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan melakukan tindakan cepat bagi yang ditemukan reaktif," ujar dia.

Hari ini, Selasa (23/6/2020), Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jayapura kembali menggelar rapid test massal di sejumlah pasar-pasar tradisional. Targetnya ada 1.800-an pedagang yang menjadi pesertanya.

Dara per Senin kemarin, jumlah kasus Covid-19 di Kota Jayapura sebanyak 742 orang. Adapun 452 pasien positif mendapat perawatan intensif rumah sakit dan karantina di fasilitas yang disiapkan pemerintah.

"Kemudian 281 orang sembuh dan sembilan kasus pasien meninggal dunia," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal