Ada Caleg di Papua Bawa Kabur Surat Suara Sisa Pemilu

Antara ยท Kamis, 25 April 2019 - 03:00 WIB
Ada Caleg di Papua Bawa Kabur Surat Suara Sisa Pemilu
Ilustrasi surat suara. (Foto: Dok iNews).

WAMENA, iNews.id - Bawaslu Jayawijaya, Papua, menerima laporan adanya caleg DPRD kabupaten yang membawa kabur surat suara sisa. Logistik tersebut merupakan yang tidak terpakai saat pemungutan suara.

Ketua Bawaslu Jayawijaya, Fredi Wamo mengatakan, hampir setiap hari pihaknya menerima laporan pengaduan soal surat suara sisa yang dibawa lari petugas KPPS, PPD. Bahkan ada caleg yang ikut menyimpannya.

"Semua keluhan yang masuk itu terkait suara sisa," kata dia saat dikonfirmasi wartawan di Wamena, Papua, Rabu (24/4/2019).

Secara aturan, menurut dia, surat suara sisa merupakan surat suara yang tidak terpakai pada Pemilu 17 April. Harusnya logistik ini dikembalikan ke Bawaslu, agar bisa dicoret.

Namun dengan pertimbangan surat yang dikeluarkan KPU terkait izin penggunaan sistem noken, yang terjadi di sebagian besar TPS di Jayawijaya, maka Bawaslu mengizinkan pengaturan kertas suara sisa itu ke masyarakat.

"Sebagian besar Jayawijaya gunakan noken, sehingga mekanismenya kita kembalikan ke distrik, dilakukan perhitungan ulang sesuai amanat surat KPU terkait penggunaan noken, jadi silahkan kepala suku mengatur suara (surat suara sisa) masyarakatnya," kata Fredi.

Sementara ini kesepakatan masyarakat terkait pembagian surat suara sisa kepada caleg DPRD kabupaten berjalan aman.

"Yang jelas kalau masuk sampai ke Bawaslu berarti semua suara sisa disilang, tidak ada yang dibagi-bagi. Jadi mantan anggota legislatif yang maju, maupun yang baru maju semua tidak dapat suara sisa itu," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal