Alutsista TNI AL di Papua Sudah Jadul, Yan Mandenas: Ada yang di Bawah 2004

Antara ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 10:25:00 WIT
Alutsista TNI AL di Papua Sudah Jadul, Yan Mandenas: Ada yang di Bawah 2004
Anggota Komisi I DPR Yan Mandenas patroli laut di Teluk Youtefa Jayapura. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Anggota Komisi I DPR, Yan Mandenas, mendukung penuh penambahan dan pembenahan alat utama sistem persenjataan atau Alutsista TNI Angkatan Laut (AL) di Papua. Sebab yang ada sekarang dinilai sudah jadul dan jauh dari ideal.

"Saya lihat alutsista milik Lantamal X, khususnya kapal patroli yang mereka miliki sangat jauh dari ideal. Ada kapal tahun 2004, bahkan yang lebih tua lagi," kata Yan Mandenas di teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Kamis (15/10/2020).

Dia ikut dalam patroli menggunakan Kapal KAL Piton III, bersama Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, dan Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare Jayapura Marsma TNI Budhi Achmadi.

Menurutnya, Komisi I DPR telah mendorong langkah modernisasi seluruh alutsista yang dimiliki TNI mulai dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang bertugas di wilayah Papua, terlebih khusus di wilayah terpencil, terdepan dan terluar.

"Letak geografis Papua berdekatan dengan negara-negara tetangga Indonesia, khususnya negara-negara Pasifik. Ini alasan utamanya," ujar dia.

Papua juga merupakan salah satu daerah penyangga dalam sisi pertahanan Indonesia, khususnya terhadap persaingan antara Amerika dan China di kawasan Pasifik.

"Kalau ini tidak dimanfaatkan dengan baik, maka tidak akan muncul diplomasi pertahanan kita dengan negara Pasifik," katanya.

Idealnya, menurut dia, sarana dan prasarana dan alutsista Indonesia harus mumpuni. Diimbangi dengan kegiatan-kegiatan terukur seperti patroli darat, laut dan udara.

"Jadi ke depannya 'grand design' pertahanan kita harus menjadi prioritas pembenahan khususnya di wilayah yang berbatasan dengan negara luar," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal