Asal Mula Penularan Covid-19 di Pedalaman Papua Masih Misterius

Antara ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 17:05:00 WIT
Asal Mula Penularan Covid-19 di Pedalaman Papua Masih Misterius
Petugas memberikan bantuan kepada warga Puncak Jaya. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Tim dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Papua masih mendalami penyebab penularan virus corona di Kabupaten Puncak Jaya. Belum ada kesimpulan pasti dari mana asal muasal virus tersebut masuk.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puncak Jaya, Muhammad Nasir Ruki mengatakan, tim masih menelusuri dan melacaknya. Dia mengakui, sejauh ini penyebabnya memang masih dugaan-dugaan saja.

"Dari arah bandara tidak ada, jalur darat dari arah Wamena sudah ada larangan resmi, tetapi kami tidak tahu pasti mobilitas masyarakat seperti apa. Sebab dari arah sana banyak jalur tradisional," kata M Nasir saat dikonfirmasi di Kota Jayapura, Papua, Kamis (25/6/2020).

Menurut dia, untuk masuk ke Kabupaten Puncak Jaya ada dua akses resmi yang bisa dilalui, pertama melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat berbadan kecil dan jalur darat dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

"Selain kedua jalur tersebut, ada juga jalur tradisional yang biasa dilalui masyarakat dengan berjalan kaki di mana pemerintah agak kesulitan untuk memantau mobilitas masyarakat yang melalui jalur tersebut," katanya.

Selain itu, kata dia, warga yang diduga sempat kontak dengan 27 pasien positif sudah di-screening oleh petugas. Mereka juga telah menjalani rapid test dan menunggu hasil tes swab.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal