Bantuan Logistik TNI ke Asmat Tiba di Bandara Mozes Kilangin

Nathan Making ยท Sabtu, 27 Januari 2018 - 21:32:00 WIT
Bantuan Logistik TNI ke Asmat Tiba di Bandara Mozes Kilangin
Sebanyak 13 ton bantuan logistik dari TNI tiba di Bandara Mozes Kilangin. (Foto: iNews/Nathan Making)

ASMAT, iNews.id - Sebanyak 13 ton bantuan logistik dari TNI tiba di Bandara Mozes Kilangin. Bantun ditujukan untuk mengatasi Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk bagi warga di Kabupaten Asmat.

Bantuan logistik yang diangkut menggunakan pesawat Hercules meliputi obat-obatan dan makanan. Sementara tim medis yang tiba sehari sebelumnya juga mulai diberangkatkan ke Asmat menggunakan helikopter.

Bantuan tersebut dikirim secara bertahap menuju Asmat melalui jalur udara. Untuk tahap pertama, pengiriman logistik dan obat-obatan berjumlah delapan ton menuju Asmat.

Kapendam 17 Cendrawasih Kolonel Infantri Muhammad Aidi mengatakan, bantuan tersebut berasal dari berbagai pihak untuk membantu masyarakat di Kabupaten Asmat. Selain bantuan logistik TNI juga mengirimkan sebanyak 20 tim medis yang terdiri dari dokter spesialis dan perawat. Rencananya 31 tim medis dari TNI akan diberangkatkan ke Asmat besok.

"Dokter-dokter spesialis TNI akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats. Dokter-dokter umum tersebar ke kampung-kampung dan pelosok-pelosok. Jika ada umum akan disebar ke kampung-kampung. Sehingga yang mengalami penyakit-penyakit parah yang membutuhkan penanganan lanjut akan dirujuk ke RSUD Agats," ucap Aidi di Bandara Mozes Kilangin, Sabtu (27/1/2018).

Diketahui, kasus gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat terjadi sejak empat bulan lalu. Sedikitnya 646 anak terkena wabah gizi buruk dan campak dan 70 di antaranya meninggal dunia.

Editor : Achmad Syukron Fadillah

Bagikan Artikel: