BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Cuaca Ekstrem di Papua dan Papua Barat

Antara ยท Senin, 01 Maret 2021 - 10:45:00 WIT
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Cuaca Ekstrem di Papua dan Papua Barat
Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

JAYAPURA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia. Imbauan ini juga berlaku untuk daerah Papua dan Papua Barat.

Menurut ikhtisar cuaca harian, wilayah yang diperkirakan mengalami hujan kategori tinggi atau lebih dari 150 milimeter per dasarian atau rentang sepuluh hari pada Februari dasarian III meliputi Papua bagian Tengah.

Pada Maret dasarian I meliputi Kalimantan Barat bagian timur dan Papua bagian tengah serta Maret dasarian II meliputi Papua Barat bagian utara dan Papua bagian tengah.

Selain itu, berdasarkan model filter spasial Madden Jullian Oscillation (MJO) pada 1-2 Maret 2021 gangguan fenomena MJO diperkirakan terdapat di wilayah Samudera Hindia selatan Sumatera hingga Jawa, Teluk Carpentaria, dan Samudera Pasifik timur Australia.

Kondisi ini mampu meningkatkan aktivitas konvektif awan di wilayah tersebut. Peringatan dini hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini dikeluarkan pada Senin (1/3/2021) hari ini.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal