BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Daerah, Termasuk Papua dan Papua Barat

Antara ยท Senin, 23 November 2020 - 12:30:00 WIT
BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Daerah, Termasuk Papua dan Papua Barat
Cuaca ekstrem di perairan pantai. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya cuaca ekstrem selama beberapa hari ke depan di sejumlah daerah. Wilayah Papua dan Papua Barat juga akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa daerah," kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, Senin (23/11/2020).

Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Bengkulu dan di Laut Jawa selatan Kalimantan yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin (konvergensi).

Kondisi ini memanjang di perairan utara Aceh, mulai dari Sumatera Utara hingga perairan barat Bengkulu, di Selat Karimata bagian utara, Papua bagian barat hingga Maluku bagian selatan, serta dari Kalimantan Tengah hingga Selat Karimata bagian selatan.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," ujar dia.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi di sejumlah daerah, termasuk Papua dan Papua Barat.

Masyarakat diimbau waspada dan berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem tersebut. Selain itu dampak yang ditimbulkan antara lain seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang dan pohon tumbang.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal