BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Papua dan Papua Barat

Antara ยท Kamis, 15 April 2021 - 10:15:00 WIT
BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Papua dan Papua Barat
Ilustrasi potensi cuaca ekstrem. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat. Daerah yang mengalami cuaca ekstrem tersebut di antaranya Papua dan Papua Barat.

Adapun daerah lainnya yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir yakni Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kemudian  Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi hingga enam meter yang berpotensi di perairan Samudra Pasifik utara Papua dan Papua Barat.

"Potensi gelombang dengan kategori sangat tinggi 4-6 meter berpeluang terjadi di Samudra Pasifik utara Papua barat - Samudra Pasifik utara Papua," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, Kamis (15/4/2021).

Editor : Andi Mohammad Ikhbal