Cerita Anak Pedalaman Papua Lulus Seleksi TNI, Daftar Tak Beritahu Orang Tua

Antara ยท Jumat, 27 November 2020 - 10:45:00 WIT
Cerita Anak Pedalaman Papua Lulus Seleksi TNI, Daftar Tak Beritahu Orang Tua
Taruna asal Papua, Samuel Wamu, menceritakan kisah unik saat mendaftar akmil. (Foto: Antara).

WAMENA, iNews.id - Seorang taruna asal Papua, Samuel Wamu, memiliki cerita unik selama proses pendaftaran hingga seleksi Akademi Militer (Akmil) TNI AD. Dia tak memberitahu orang tua saat akan melamar sebagai anggota TNI.

Ayah Samuel, Hendrikus Wamu mengatakan, putranya ini baru memberitahu setelah mendaftar di Kodim Wamena. Dia mengaku kaget dan langsung mencari jalan untuk keinginan Samuel.

"Dia sampai harus menjual babi agar dapat mengongkosi tiket pesawat sang anak dari Wamena menuju Jayapura," kata Hendrikus di Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (27/11/2020).

Namun pengorbanan sang ayah tak disia-siakan oleh Samuel Wamu. Pemuda keturunan Suku Dani Wamena ini mampu mengikuti seluruh tahapan seleksi menjadi taruna Akmil.

"Begitu pengumuman, saya langsung pinjam ponsel ke teman. Saya telepon orang tua, saya bilang, saya lulus. Orang tua langsung menangis," kata Samuel.

Rupanya sang Ayah terharu karena bersyukur Tuhan membukakan pikiran sang anak untuk mendaftar penerimaan Akmil tersebut. Ternyata di balik kenekatan Samuel untuk mendaftar itu, ada jalan karier untuknya sebagai anggota TNI.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal