Dana Otsus Jadi Berkah, Tokoh Papua Minta Pejabat Selewengkan Anggaran Ditindak

Andi Mohammad Ikhbal ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 13:20:00 WIT
Dana Otsus Jadi Berkah, Tokoh Papua Minta Pejabat Selewengkan Anggaran Ditindak
Warga Perwakilan Tabi Seireri Minta Usulan Otsus Didengar (Foto: iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id - Dana otonomi khusus (otsus) Papua merupakan berkah bagi provinsi tersebut. Para pejabat yang menyelewengkan anggaan tersebut harus ditindak secara hukum.

Tokoh masyarakat Papua, Pendeta Albert Yoku meminta, ada penengakkan hukun di Papua, khususnya bagi pejabat yang menyalahgunakan dana otsus dari pusat.

"Karena bila digunakan dengan baik, dana otsus ini akan jadi berkah, terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi," kata Pendetra Albert dalam keterangan yang diterima, Selasa (23/2/2021).

Hal ini disampaikannya saat  Forum Kepala Daerah se-Tanah Tabi dan Sairei Papua. Audiensi itu dihadiri Menko Polhukam, Mahfud MD, di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Senin (22/2/2021).

Tokoh perempuan yang juga Ketua Persekutuan Wanita Gereja Kristen Injili (PW GKI) Papua Dorince Mehue, meminta pemerintah pusat mengevaluasi penggunaan dan pengelolaan dana otsus.

"Otsus ini berkah dari Tuhan melalui pemerintah pusat, tapi disalahgunakan oleh sejumlah orang sehingga dampaknya tidak sampai ke rakyat Papua," ujar Dorince.

Pemerintah harus mengevaluasi ini bersama Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat. Dia mengaku siap mendukung kebijakan pemerintah pusat nantinya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal