Dapat Bantuan BNPB, RSUD Ramelan Jayapura Bisa Periksa Sampel Swab Pasien Covid

Antara · Jumat, 06 Agustus 2021 - 10:40:00 WIT
Dapat Bantuan BNPB, RSUD Ramelan Jayapura Bisa Periksa Sampel Swab Pasien Covid
Petugas lab melakukan pemeriksaan PCR di RSUD Mimika. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Pemerintah Kota Jayapura menerima bantuan satu unit mesin PCR Covid-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memeriksa sampel swab. Bantuan tersebut dioperasikan di RSUD Ramelan.

"Alat bantuan dari BNPB itu sudah berada di RSUD Ramelan yang berlokasi di Koya," kata Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, di Kota Jayapura, Papua, Kamis (5/8/2021).

Menurut dia, alat tersebut dapat mempercepat proses pemeriksaan terhadap warga yang terindikasi terpapar Covid-19. Bantuan ini tentu sangat membantu, mengingat pemeriksaan PCR masih dilakukan di Litbangkes atau di Labkesda.

"Selama ini proses pemeriksaan PCR cukup lama karena kedua laboratorium itu juga memeriksa sample dari rumah sakit atau daerah lain di Papua," ujarnya.

Juru bicara Satgas Covid-19 Jayapura, Nyoman Antari, secara terpisah mengaku, bantuan alat PCR dari BNPB sangat berarti dalam penanganan Covid-19 karena dapat mempercepat proses pemeriksaan.

"Kami sangat mengapresiasi bantuan tersebut dan akan segera mengoperasikannya sehingga hasil swab tidak lagi harus dikirim ke Litbangkes," kata Kepala Dinkes Jayapura ini.

Kasus positif Covid-19 di Kota Jayapura secara kumulatif hingga Rabu (4/8/2021) tercatat ada 11.984 orang positif, 9.708 orang sembuh 2.030 orang dirawat dan 246 orang meninggal dunia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: