Demo Rusuh di Universitas Papua, Kepala Biro Akademik Dipukuli Mahasiswa

Antara ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 19:35:00 WIT
Demo Rusuh di Universitas Papua, Kepala Biro Akademik Dipukuli Mahasiswa
Rektor UNIPA Manokwari, Meky Sagrim, menyampaikan keputusan Senat UNIPA. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - Aksi demonstrasi rusuh di Universitas Papua menyebabkan kepala biro akademik dipukul sekelompok oknum mahasiswa. Selain itu massa juga merusak fasilitas kampus.

Rektor Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Meky Sagrim mengatakan, aksi ini bertujuan untuk mendesak kampus menerima puluhan calon mahasiswa baru yang tak lulus seleksi lokal gelombang pertama.

"Saat dicek kembali, ternyata puluhan calon mahasiswa baru itu tidak melakukan pendaftaran lokal, sehingga tidak bisa dianggap mengikuti seleksi," kata Meky di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (22/7/2021).

Dia menuturkan, semua data calon mahasiswa baru angkatan 2021 sudah terdaftar di pangkalan data pendidikan tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Aksi para mahasiswa bersama alumni dan sejumlah calon mahasiswa ini berlangsung selama tiga hari mulai Senin (19/7/2021) lalu. Namun puncaknya pada Rabu (21/7/2021).

Sebelumnya Senat Universitas Papua memberikan sanksi tegas kepada oknum yang terlibat demo anarkistis dan penganiayaan ini. Mereka resmi dikeluarkan sebagai mahasiswa.

"Ini keputusan senat universitas yang disepakati seluruh anggota dalam rapat virtual darurat," ujarnya.

Masih dalam keputusan Senat UNIPA, kata dia, atas peristiwa itu seluruh aktivitas akademik di lingkungan kampus dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Semua dosen tidak melaksanakan kegiatan akademik, termasuk agenda wisuda dan kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru angkatan 2021," ujarnaya.

Rektor bersama Senat Universitas Papua ini mendukung penuh kewenangan polisi untuk memeriksa dan menyelidiki kasus demo anarkistis dan penganiayaan ini.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal