Diduga Bentuk Organisasi Separatisme, 12 Orang di Jayapura Diamankan Polisi

Edy Siswanto, Sindonews ยท Rabu, 19 Agustus 2020 - 14:20:00 WIT
Diduga Bentuk Organisasi Separatisme, 12 Orang di Jayapura Diamankan Polisi
Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas. (Foto: Sindonews).

JAYAPURA, iNews.id - Polisi mengamankan 12 orang anggota kelompok Republik Melanisea di Kota Jayapura, Papua, Selasa (18/8/2020). Mereka mengadakan kegiatan yang dinilai melanggar prinsip dan kedaulatan NKRI.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengatakan, 12 orang tersebut diamankan ketika hendak melakukan pelantikan pengurus struktur organisasi di kawasan Jalan Asrama Haji, Kotaraja.

"Mereka ini dianggap menentang kedaulatan Indonesia," kata Kapolres Gustav di Kota Jayapura, Papua, Rabu (19/8/2020).

Saat ini penyidik masih memeriksa ke-12 orang yang diamankan tersebut. Mereka juga akan dimintai klarifikasi terkait kegiatan pengukuhan organisasi yang diduga mengarah pada aksi separatisme.

Bukan hanya 12 orang ini, polisi juga mengamankan spanduk dan alat pendukung lainnya. Dari sejumlah barang bukti inilai polisi menilai kegiatan organisasi ini menyimpang dari NKRI.

"Dari hasil pemeriksaan kami akan kaji ulang, apakah ada unsur pidana atau tidak. Namun yang jelas kami masih melakukan pemeriksaan," ujarnya.

AKBP Gustav belum mengatahui pasti tujuan dari organisasi ini berdiri. Penyidik masih mendalami motif para pengurus Republik Melanisea yang diduga ingin membuat negara baru.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal