Evakuasi 3 Awak Heli PT NUH di Paniai Terkendala Transportasi

Edy Siswanto, Sindonews ยท Jumat, 18 September 2020 - 18:35:00 WIT
Evakuasi 3 Awak Heli PT NUH di Paniai Terkendala Transportasi
Kepala Basarnas Biak Gusti Anwar Mulyadi saat memberikan pengarahan kepada tim SAR gabungan untuk mengevakuasi helikopter milik PT NUH di Nabire, Jumat (18/9/2020). (Foto: Basarnas Biak)

JAYAPURA, iNews.id – Evakuasi tiga awak Helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) yang ditemukan di pegunungan Paniai, Papua terkendala transportasi udara. Ketiga awak itu diketahui selamat dan sempat melambaikan tangan ke tim SAR yang menemukan posisi heli tersebut, Jumat (18/9/2020).

Humas Kantor Pertolongan dan Pencarian SAR Biak, , Richard menjelaskan, SAR sudah mendapat foto udara dugaan lokasi helkopter PT NUH yang sempat dinyatakan hilang kontak.  Namun tim SAR masih harus memastikan kebenaran foto tersebut dengan menurunkan tim ke lokasi.

"Kemungkinan itu (ditemukan helikopter PT NUH), karena dalam foto yang beredar ada heli di bawah. Namun kami harus pastikan lagi," ucapnya, Jumat (18/9/2020).

Richard mengatakan, meski telah siap termasuk seluruh personel dan peralatan, namun hingga sore ini tim SAR belum bisa diberangkatkan ke lokasi lantaran tidak adanya transportasi udara.

"Tim SAR disini belum bergerak menuju lokasi. Kami terkendala dengan transportasi. Karena untuk menuju lokasi harus lewat udara. Ada helikopter milik TNI AU, tapi belum sampai sini," katanya.

Helikopter PT NUH itu ditemukan pada ketinggian 4.700 meter di atas permukaan air laut (mdpl) di wilayah Kabupaten Paniai, Papua.

Helikopter jenis Bell 212 dengan pilot Capt Endy Nawalaga, Capt Erik Kurniawan, dan kru M Aswar Jamal terbang pada Kamis kemarin, pukul 10.47 WIT. Helikopter hilang kontak saat membawa bahan makanan menuju Baya Biru, yang ditempuh sekitar 45 menit dari Nabire.

Editor : Kastolani Marzuki