Gempa Bumi di Nabire Papua, BBMKG: Belum Ada Laporan Kerusakan

Antara ยท Jumat, 04 September 2020 - 10:15:00 WIT
Gempa Bumi di Nabire Papua, BBMKG: Belum Ada Laporan Kerusakan
Gempa bumi mengguncang Nabire Papua. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 4,4 mengguncang Kabupaten Nabire, Papua. Belum ada laporan kerusakan terkait dampak guncangan gempa tersebut.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura menyebut, gempa terjadi pukul 03.58 WIT atau sekitar 05.58 WIB.

Gempa berpusat di darat pada kedalaman 75 kilometer di koordinat 3.48 lintang selatan dan 135.47 bujur timur. Berada pada 31 kilometer barat laut Kabupaten Nabire.

Plt Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Tato Agustinus mengatakan, ini termasuk gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas Sesar Waipoga Through itu tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

"Getaran gempa itu dirasakan di daerah Nabire dengan intensitas III MMI, terasa seakan akan ada truk berlalu," kata Tato di Kota Jayapura, Papua, Jumat (4/9/2020).

Hingga saat ini BBMKG belum menerima laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut, Namun dia mengimbau warga agar tetap tenang dan selalu waspada.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal