Hasil Penyelidikan Sementara, Perampas Senjata Api di Paniai Akrab dengan Anggota Pospol 99

Nathan Making, Antara ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 11:45 WIB
Hasil Penyelidikan Sementara, Perampas Senjata Api di Paniai Akrab dengan Anggota Pospol 99
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Polisi saat ini masih menyelidiki motif penyerangan massa di Pospol 99, Kabupaten Paniai, Papua. Para pelaku diketahui merupakan warga sekitar yang sudah cukup akrab dengan anggota polisi si pos tersebut.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, kelompok pelaku penyerangan ini tinggal di sekitar pospol, sehingga cukup akrab dengan anggota kepolisian di sana.

"Pimpinan kelompok pelaku penyerangan diketahui tumbuh dan besar di kawasan Ndeotadi," kata Irjen Pol Paulus di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (21/5/2020).

Ayah dari pimpinan kelompok ini diketahui memiliki rekam jejak pernah terlibat kasus penyerangan Markas Kodim Paniai pada awal tahun 2000-an. Namun ayah dari yang bersangkutan sudah meninggal dunia.

"Sehari-hari dia sudah mendapatkan manfaat di area itu. Setiap helikopter yang terbang ke sana harus memberi dia jatah cukup besar. Kalau dikalkulasi, setiap bulan dia bisa dapat sampai puluhan juta rupiah," ujarnya.

Terkait penyerangan pospol, kata dia, memang ada kelengahan dari anggota. Karena itu bisa sampai terjadi penyerangan yang mengakibatkan polisi atas nama Briptu Kristian Paliling terluka dan tiga pucuk senjata api beserta amunisi dirampas.

"Kami lihat memang ada un-prosedural dari anak buah, dalam arti mereka terlalu lengah. Ini menjadi evaluasi ke dalam bagi kami," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal