Hingga Desember, BUMN Rekrut 1.000 Putra-Putri Papua dan Papua Barat

Rina Anggraeni ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 11:35:00 WIT
Hingga Desember, BUMN Rekrut 1.000 Putra-Putri Papua dan Papua Barat
Proyek pembangunan jalan di Mimika. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 1.000 orang lebih putra-putri daerah dari Papua dan Papua Barat ditargetkan lolos rekrutmen pekerja di badan usaha milik negara (BUMN). Proses seleksi masih berlangsung sampai Desember mendatang.

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi, Kementerian BUMN Alex Denni mengatakan, bila belum memenuhi target, rekrutmen akan berlanjut sampai tahun depan, 2021.

"Kami tetap berupaya melakukan rekrutmen sampai dengan akhir tahun ini. Kalau belum memenuhi target, kita akan lanjutkan tahun depan," kata Alex di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Proses perekrutan ini, pihaknya dibantu oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Diharapkan pada Desember nanti, putra-putri terbaik Papua dan Papua Barat sudah bisa mulai bekerja.

Menurut dia, program ini diyakini akan menbuat pemerataan ekonomi seperti tujuan pemerintah. Apalagi fokus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dititikberatkan di wilayah Papua dan Papua Barat.

"Kami harapkan putra-putri daerah asal Papua dan Papua Barat harus bersiap," ujarnya.

Seorang pegawai BUMN asal Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Muklis Nabi mengatakan, mendapat beasiswa untuk menempuh pendidikan di Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas (P2TIM).

"Dari fasilitas semua, sangat lengkap. Makan, buku maupun modul semua disediakan oleh P2TIM, gratis," ujar Muklis.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal