Ini 3 Alasan Perlu Penguatan Kodim dan Koramil di Papua

Antara ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 12:45:00 WIT
Ini 3 Alasan Perlu Penguatan Kodim dan Koramil di Papua
Pasukan TNI mengejar KKB yang menembaki Pos Koramil Hitadipa di Kabupaten Intan Jaya, Papua. (Foto: Puspenad)

JAYAPURA, iNews.id - Pemerintah diminta memperkuat pasukan organik melalui pembentukan komando rayon militer (koramil) dan komando distrik militer di Papua. Upaya ini dinilai dapat meminimalisi gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Anggota Komisi I DPR, Yan Permanes Mandenas menilai, penguatan koramil dan kodim merupakan solusi terbaik, sehingga teritorial akan lebih efektif. Dia mengungkap tiga alasan perlunya langkah ini segera direalisasikan.

1. Pemetaan KKB

Menurut dia, harus ada pemetaan wilayah operasi untuk mengantisipasi pergerakan KKB. Karena aksi mereka kerap menimbulkan keresahan, bahkan korban jiwa. Dengan begitu bisa mencegah rentetan peristiwa seperti yang terjadi sebelumnya.

2. Butuh Pasukan Organik

Dia menilai, penempatan pasukan non-organik dari luar Papua akan terus menciptakan masalah. Sebab mereka butuh waktu untuk beradaptasi dan mengenal kondisi sosial budaya atau geografis wilayah operasi.

Sementara pasukan koramil dan kodim dipastikan sudah mengenal kondisi di sana, termasuk dapat dengan mudah melakukan pendekatan kepada warga, sehingga komunikasi berlangsung dengan baik.

3. Dukungan Peralatan

Yan mengatakan, selain penguatan koramil dan kodim dengan jumlah kekuatan personel memadai. Pemerintah harus memberik dukungan peralatan di daerah rawan konflik. Dengan begitu berbagai aksi KKB bisa diredam dalam waktu singkat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal