Ini Alasan Presiden Jokowi Tunda PON 2020 Hingga Oktober Tahun Depan

Bagusthira Evan Pratama ยท Kamis, 23 April 2020 - 15:24:00 WIT
Ini Alasan Presiden Jokowi Tunda PON 2020 Hingga Oktober Tahun Depan
Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews,id - Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 resmi ditunda. Seharusnya kegiatan tersebut bakal digelar di Papua pada 20 Oktober - 2 November mendatang.

Namun Indonesia masih dihantui wabah virus corona. Agar jumlah pasien tidak meningkat, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) resmi menunda pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI.

"Atas pertimbangan, laporan, dan beberapa masukan itu, Presiden memutuskan pelaksanaan PON XX Papua dan Peparnas XVI yang sedianya akan dilaksanakan pada Oktober 2020 ditunda menjadi bulan Oktober tahun 2021," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Kamis (23/4/2020).

Pemilihan bulan Oktober bukan tanpa alasan. PON dan Peparnas harus digelar secepat mungkin agar tidak bentrok dengan agenda lainnya yang juga sudah menanti.

"Waktu yang ada adalah bulan Oktober 2021. Di situ kita usulkan untuk pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI yang akhirnya disetujui Presiden. Beliau memutuskan bulan Oktober karena bulan November kita sudah ada SEA Games kembali, Asean Youth Games, MotoGP Mandalika, dan Asean Para Games 2021," ucap Menpora.

Dia yakin waktu setahun bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan berbagai hal. Tak terkecuali pembenahan infrastruktur untuk pertandingan.

"Saya kira, waktu satu tahun penundaan adalah waktu ideal baik untuk persiapan infrastruktur, venue, dan tempat penginapan maupun untuk persiapan kontingen serta pengadaan alat," tuturnya.

Editor : Bagusthira Evan Pratama