Ini Identitas 3 KKB Papua yang Ditembak Satgas Nemangkawi di Ilaga

Andi Mohammad Ikhbal ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 22:00:00 WIT
Ini Identitas 3 KKB Papua yang Ditembak Satgas Nemangkawi di Ilaga
Aparat gabungan TNI-Polri berpatroli di sekitar kawasan Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak Papua untuk mencegah teror KKB. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id – Satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua tewas dan dua lainnya luka-luka ditembak Satgas Nemangkawi dalam kontak senjata di Kampung Eromaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis (10/6/2021). 

Anggota KKB yang tewas yakni Keminus Murib. Sedangkan dua anggota KKB yang luka tembak yakni Tinggiter dan Manis luka-luka.

"Kelompok teroris KKB ini sudah semakin terdesak, tiga anggotanya berhasil dilumpuhkan, dan penyebar hoaksnya berhasil kita tangkap, bagi penyebar hoaks lainnya, agar bersiap TNI Polri akan menegakkan hukum," kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Al Qudussy. 

Iqbal yang baru dipromosikan menjabat Kabid Humas Polda Jateng itu menambahkan, negara tidak akan kalah dengan segelintir orang dengan hasrat politik yang menumbalkan masyarakat sipil dan menyebar teror di Provinsi Papua Indonesia.

Sebelumnya, satu kompi anggota TNI/Polri disiagakan untuk mengamankan operasional Bandara Aminggaru Ilaga.

Perkuatan pengamanan itu mengingat KKB pimpinan Nombok Telenggen sering kali menganggu di sekitar bandara yang merupakan satu-satunya pintu keluar masuk Ilaga.

Kapolres Puncak Kompol Nyoman Punia menegaskan, operasional Bandara Aminggaru Ilaga secara bertahap mulai normal dengan beroperasinya penerbangan komersial sejak Selasa (8/6/2021).

"Walaupun sudah berangsur pulih, tetap dibatasi mengingat menara pemandu lalu lintas udara (ATC) dibakar KKB, Kamis (3/6) malam, sehingga dilakukan secara manual dengan dipantau anggota Paskhas TNI AU," kata Kompol Nyoman Punia, Rabu (9/6/2021).

Dia menjelaskan, personel Paskhas saat ini memandu akibat petugas bandara masih berada di luar Ilaga.

Editor : Kastolani Marzuki