Jokowi Lantik Perempuan Pertama asal Papua yang Menjadi Duta Besar

Fahreza Rizky ยท Rabu, 12 Januari 2022 - 16:35:00 WIT
Jokowi Lantik Perempuan Pertama asal Papua yang Menjadi Duta Besar
Pelantikan Dubes (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo melantik tiga Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/1/2022). 

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 4/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia.

Mereka yang dilantik yakni Sunarko, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dan Fientje Maritje Suebu. Sunarko dilantik sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum.

Kemudian Agus Widjojo dilantik menjadi Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila.

Nama terakhir adalah Fientje Maritje Suebu. Dia dilantik menjadi Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.

Ada fakta menarik dari nama Fientje. Dia adalah perempuan pertama asal Papua yang dilantik menjadi seorang Duta Besar Republik Indonesia. 

Dalam pelantikan itu, juga dilakukan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Jokowi. Dengan sumpah tersebut, mereka resmi menjadi perwakilan Republik Indonesia di negara tujuan.

“Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi yang diikuti oleh para Dubes.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: