Oknum Brimob Jual Senjata Api ke KKB, Kapolda Papua: Aksi Pelaku Cukup Rapi

Antara ยท Minggu, 25 Oktober 2020 - 01:25:00 WIT
Oknum Brimob Jual Senjata Api ke KKB, Kapolda Papua: Aksi Pelaku Cukup Rapi
Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Seorang oknum anggota Brimob Polda Papua ditangkap karena diduga terlibat jual beli senjata api kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB). Aksi pelaku cukup rapi, karena memasok barang dengan dokumen resmi.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, kasus ini terungkap saat tim gabungan TNI - Polri menyelidiki maraknya aksi penembakan KKB di beberapa lokasi.

"Kami sempat kesulitan mengungkapnya karena cukup rapi dan senpi yang dijual dipasok melalui udara dengan dokumen resmi," kata Irjen Pol Waterpauw di Kota Jayapura, Papua, Jumat (24/10/2020).

Oknum polisi berinisial Bripka JH diamankan bersama dua warga sipil. Salah satunya mantan anggota TNI yang diamankan di salah satu kota di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Yang bersangkutan ditahan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja setelah ditangkap di Kabupaten Nabire, Kamis (21/10/2020)," ujar dia.

Bripka JH diamankan dengan barang bukti dua pucuk senjata jenis senjata serbu yakni M16 dan M4. Keduanya diduga akan dijual ke KKB di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

"Penyelidikan masih berlangsung nanti kalau sudah lengkap akan disampaikan," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal