Jubir Covid-19 Papua Barat Jadi Direktur RSUD, Status Ditarget Naik Jadi Tipe A

Antara · Senin, 22 Juni 2020 - 14:20 WIB
Jubir Covid-19 Papua Barat Jadi Direktur RSUD, Status Ditarget Naik Jadi Tipe A
Penunjukan direktur RSUD Papua Barat. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, menunjuk juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Arnoldus Tiniap sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Targetnya status rumah sakit menjadi tipe A.

Dominggus mengatakan, saat ini RSUD Papua Barat di Kabupaten Manokwari masih tipe C. Ke depan diharapkan naik menjadi tipe A dengan adanya peningkatan pelayanan dan fasililtas yang lengkap.

"Sambil melengkapi kekurangan termasuk melanjutkan pembangunan secara bertahap," kata Gubernur di Kantor Gubernur Papua Barat di Kabupaten Manokwari, Senin (22/6/2020).

Selain fasilitas kesehatan, jenis pelayanan rumah sakit tersebut akan terus ditingkatkan. Tenaga kesehatan dari dokter umum, dokter spesialis hingga perawat secara bertahap akan ditambah.

"Nanti kalau sudah naik menjadi tipe A, jenis pelayananya pun sudah pasti akan meningkat. Bertahap, saat ini sudah ada fasilitas yang kita lengkapi di antaranya alat PCR (polymerase chain reaction) untuk pemeriksaan sampel untuk tes virus corona," ujarnya.

Arnoldus Tiniap mengatakan, siap mendukung pengoperasian rumah sakit menjadi tipe A. Menurut dia, target tersebut dapat dipenuhi dengan penambahan fasilitas dan pelayan, termasuk ketersediaan tenaga medis ahli.

Menurut dia, sejumlah dokter spesialis akan dihadirkan, di antaranya penyakit dalam, dokter anak, dokter bedah serta dokter kebidanan. Selain spesialis penunjang meliputi ahli radiologi, anastesi, patologi klinik serta ahli mikrobiologi.

"Paling tidak ada dua baik pada spesialis dasar maupun spesialis penunjang. Untuk saat ini kita baru punya dua yakni spesialis anak dan spesialis kebidanan. Kita masih butuh ahli bedah sama penyakit dalam juga ahli anastesi, kita perlu sekali," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal