Kampus Pertama di Pedalaman Papua, Unaim Yapis Wamena Wisuda 199 Orang

Antara ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 16:05:00 WIT
Kampus Pertama di Pedalaman Papua, Unaim Yapis Wamena Wisuda 199 Orang
Penyerahan ijazah di Kampus Unaim Yapis Wamena. (Foto: Antara).

WAMENA, iNews.id - Universitas Amal Ilmiah (Unaim) Yapis Wamena yang merupakan kampus di pedalaman Papua, mewisuda 199 orang pada Kamis (1/10/2020). Perguruan tinggi tersebut diharap dapat meningkatkan kualitas SDM warga di kampung-kampung.

Rektor Unaim Yapis, Rudi Hartono mengatakan, kampusnya ini merupakan universitas pertama di pegunungan tengah Papua. Ada empat program studi dan dua fakultas di Unaim Yapis.

"Kami meluluskan 199 orang dalam wisuda perdana," kata Rudi di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (2/10/2020).

Dia memastikan, akan selalu berupaya mewujudkan mutu dan meluluskan orang-orang terbaik. Langkah ini untuk mendorong pembangunan di wilayah pedalaman Papua.

"Kami harapkan seluruh alumni yang ada di universitas ini akan memberikan kemampuannya di tengah masyarakat di dalam mengembangkan pembangunan SDM di pegunungan tengah Papua dan Indonesia pada umumnya," katanya.

Awalnya direncanakan sekitar 246 orang yang diwisuda pada peridoe ini namun hanya 199 orang yang mengikuti wisuda sebab sebagian belum memenuhi beberapa persyaratan untuk mengikuti wisuda.

Penasehat Unaim Yapis Wamena, Haji Maskur Adam, mengharapkan keberadaan universitas ini dapat mengantarkan anak-anak di pedalaman Papua untuk mendapatkan pendidikan yang layak seperti di luar Papua.

"Putra-putri asli Papua yang memiliki pendidikan baik, berpeluang bekerja hingga ke luar Papua, misalnya di Jakarta," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: