Kapal Angkut 11 Penumpang Tujuan Asmat Terbalik di Muara Ayip, 3 Orang Hilang

Nathan Making ยท Rabu, 28 September 2022 - 16:58:00 WIT
Kapal Angkut 11 Penumpang Tujuan Asmat Terbalik di Muara Ayip, 3 Orang Hilang
Sebuah kapal yang mengangkut 11 penumpang terbalik usai dihantam gelombang tinggi di Muara Ayip, Asmat, Senin (26/9/2022). Sedikitnya tiga orang hilang. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

ASMAT, iNews.id - Sebuah kapal yang memuat sedikitnya 11 orang tujuan Kampung Yepu, Kabupaten Asmat, terbalik di Muara Ayip pada Senin (26/9/2022). Kapal itu mengalami kecelakaan usai dihantam gelombang tinggi.

Sebanyak delapan penumpang berhasil menyelamatkan diri ke tepian. Sementara tiga lainnya hingga kini belum ditemukan.

Kepala Kantor SAR Timika, George Mercy l Randang mengatakan, pihaknya telah menerima informasi dari seorang warga benama Maikel bahwa telah terjadi kecelakaan laut di Muara Ayip, Asmat.

"Setelah menerima laporan tersebut pihak SAR dibantu TNI-Polri melakukan pendalaman dan memastikan kebenaran laporan tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak keluarga," kata George, Rabu (28/9/2022).

Berdasarkan pendalaman, diperoleh informasi yang menyatakan benar telah terjadi kecelakaan. 

Dia menyatakan, dalam kecelakaan tersebut sebanyak delapan orang berhasil selamat setelah berenang ke tepian dan diselamatkan warga. Sedangkan tiga lainnya belum ditemukan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika kemudian memberangkatkan Tim SAR gabungan yang terdiri atas SAR Asmat, TNI AL, Polairud, dan relawan dari pihak keluarga korban menuju ke lokasi kejadian menggunakan dua unit speed boat untuk melakukan pencarian.

Pencarian hari pertama terhadap tiga korban yang berlangsung sejak sore hingga malam belum membuahkan hasil.

"Pencarian kembali dilanjutkan, Tim SAR Gabungan tadi pagi pukul 08.00 WIT dan hingga saat ini Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian," kata Geoge.

Adapun identitas ketiga orang yang hilang di antaranya Adrianus (34), Timotius (30), dan balita berinisial I (3).

Editor : Rizky Agustian

Bagikan Artikel: