Kapal BBM Milik PLN Asmat Hilang Kontak, Bawa 6 Orang Awak

Saldi Hermanto · Rabu, 15 Desember 2021 - 10:45:00 WIT
Kapal BBM Milik PLN Asmat Hilang Kontak, Bawa 6 Orang Awak
Pencarian kapal hilang kontak di perairan Timika-Asmat. (Foto: Istimewa).

TIMIKA, iNews.id - Kapal bermuatan BBM milik PLN Asmat hilang kotak di perairan wilayah Timika-Agats. Kapal tersebut membawa enam orang awak.

KM Kalimas 4 hilang kontak dalam perjalanan dari Kabupaten Mimika menuju Asmat, Papua. Peristiwa itu dilaporkan Pertamina pada hari ini, Selasa (14/12/2021).

"Kapal melakukan perjalanan sejak Minggu (12/12/2021), bertolak dari Pelabuhan Mimika pukul 05.00 WIT membawa enam orang awak dan mengangkut BBM," kata Humas Kantor SAR Timika dalam keterangannya, Selasa petang.

Kapal dipastikan hilang kontak karena sampai Selasa tak kunjung tiba. Padahal, direncanakan kapal tersebut seharusnya tiba pada hari Minggu itu pukul 17.00 WIT, atau 12 jam setelah keberangkatan.

Kepala Kantor SAR Timika, George LM Randang, berkoordinasi dengan tim gabungan dari TNI Polri dan RAPI serta SAR Asmat terkait kabar KM Kalimas 4 hilang kontak.

Tim SAR gabungan dari Asmat yang melakukan operasi pencarian menggunakan alat utama RIB berkekuatan 85 PK, melakukan penyisiran dari Asmat hingga ke Pulau Tiga.

Selanjutnya, Tim SAR gabungan yang diberangkatkan dari Mimika juga terdiri dari personel rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, TNI AL dan Polairud.

Tim ini menggunakan Kapal Rescue Boat (RB) Timika dengan rencana pencarian melakukan penyisiran dari perairan Poumako ke arah Pulau Tiga, dengan haluan bagian terluar dari jalur pelayaran rutin masyarakat selama ini rute Timika-Asmat.

Sementara itu identitas kru kapal KM Kalimas 4 yaitu Ansar selaku kapten kapal, beserta lima anak buah kapal (ABK) bernama Ruslan, Supliansyah, Nikmat, Haswan dan Mirzan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: