Kapal Terbalik di Timika, Seorang Prajurit TNI Hilang

Nathan Making ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 19:12 WIB
Kapal Terbalik di Timika, Seorang Prajurit TNI Hilang
Tim SAR Timika kerahkan dua perahu cepat sea rider untuk mencari korban yang masih hilang. (Foto: iNews/Nathan Making)

TIMIKA, iNews.id – Seorang prajurit TNI hilang saat kapal motor bermesin 40 PK yang dia naiki terbalik di perairan sekitar Pulau Puriri, Distrik Mimika Timur Jauh, Papua, Rabu (4/12/2019). Tim SAR gabungan yang terdiri atas personel Basarnas Timika, TNI dan Polri masih melakukan pencarian.

Kasubsi Operasi Kantor SAR Timika, Syahril mengatakan korban yang belum ditemukan atas nama Kopral Satu Akbar, seorang prajurit TNI yang sehari-hari bertugas di Koramil Agimuga.

Perahu tersebut dilaporkan mengangkut sembilan orang penumpang. Saat di lokasi kejadian, perahu dihantam ombak setinggi 1,5 meter sehingga mengakibatkan belakang longboat terendam air dan tenggelam.

Usai terbalik, delapan orang penumpang berhasil selamat. Mereka membuang minyak yang ada di dalam jerigen dan menjadikannya pelampung. 

Para penumpang yang selamat ini berhasil mencapai daratan. Salah satu di antara korban langsung menyusiri Pulau Bidadari guna mencari pertolongan kepada Warga Komoro yang sedang mencari hasil laut.

Bersama salah satu korban, 11 warga kampung ini menggunakan dua perahu menuju ke tempat kejadian guna membantu para korban lain. Mereka berhasil menarik perahu tersebut ke pantai namun tidak menemukan satu korban yang hilang.

Adapun identitas delapan penumpang yang ditemukan dalam kondisi selamat yaitu Agus Kelanangame, Marsel Mujangge, Tomi Kelanangame, Tomi Ilimang, Nikson Ilimang, Eki Wantik, Serpina Wantik dan Margareta Pogolamom.

BACA JUGA: TNI AL Perkenalkan KRI Bima Suci kepada Prajurit Angkatan Laut Jepang

Saat ini korban selamat sedang dievakuasi dari lokasi kejadian ke Kantor Satuan Polisi Perairan Udara di kawasan Pelabuhan Pomako, Distrik Mimika Timur. Sebanyak dua perempuan dievakuasi ke rumah sakit di Timika.

"Sampai malam ini upaya pencarian masih terus dilakukan di titik koordinat yang diduga sebagai lokasi terbaliknya perahu longboat tersebut,” kata Syahril.

Dia menambahkan, pencarian korban akan tetap dilakukan malam ini. Jika belum juga ditemukan, maka pencarian akan dilanjutkan Kamis (4/12/219).

BACA JUGA: Detik-Detik 3 Kapal Motor Tabrakan Terbawa Arus Laut di Pelabuhan Bakauheuni

Terbaliknya kapal itu dilaporkan oleh Kasat Polairud Polres Mimika, Iptu Limbong kepada Basarnas Timika Rabu (4/12/2019) siang sekitar pukul 14.30 WIT. Sementara kapal terbalik diperkirakan terjadi pukul 11.30 WIT.

Setelah menerima laporan, sebanyak 13 personel gabungan Basarnas dan TNI segera diberangkatkan menuju lokasi kejadian dengan menggunakan dua perahu karet. Tim Satpol Airud Polres Mimika menggunakan dua perahu cepat sea rider.

Penyebab kecelakaan perahu motor hingga kini belum diketahui pasti. Perahu berangkat dari Pelabuhan Pomako Timika menuju Distrik Agimuga sekitar pukul 05.30 WIT.


Editor : Umaya Khusniah