Kapolda Papua Minta Bupati Aktif Bantu Atasi Gangguan KKB

Antara · Selasa, 18 Januari 2022 - 19:22:00 WIT
Kapolda Papua Minta Bupati Aktif Bantu Atasi Gangguan KKB
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. (Foto: Polda Papua)

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri meminta bupati dan wali kota terlibat aktif menangani permasalahan gangguan kamtibmas di wilayah masing-masing termasuk yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Keterlibatan bupati tersebut diharapkan bisa mengatasi gangguan KKB secara tuntas. 

“Dengan dilibatkannya bupati maka selaku pimpinan daerah juga tahu secara pasti permasalahan yang ada di masyarakatnya sehingga dapat dicari solusi pemecahannya,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri, Selasa (18/1/2022).

Kapolda menuturkan, selama ini beberapa bupati lebih banyak berada di luar wilayahnya. Sehingga bila terjadi permasalahan tidak dapat segera ditangani hingga tuntas bahkan berlarut.

Selain itu pembangunan jadi terhambat namun sebaliknya bila para bupati lebih banyak berada di daerahnya maka dapat bersama-sama menangani permasalahan yang terjadi.

"Mudah-mudahan langkah yang diambil itu dapat meminimalisir terjadinya gangguan keamanan karena masyarakat makin tersentuh dan merasakan pembangunan serta kehadiran pimpinan di daerahnya," kata Irjen Pol Fakhiri.

Kapolda menyebutkan, daerah-daerah yang rawan gangguan kamtibmas dan KKB yakni, Kabupaten Intan Jaya, Puncak, Nduga, Yahukimo dan Pegunungan Bintang.

Polda Papua, kata Fakhiri, akan mengubah pola penanganan keamanan atau operasi guna menghindari jatuhnya korban baik itu warga sipil maupun anggota.

“Operasi yang dilaksanakan mulai 2022 adalah damai Cartenz yang bertujuan mewujudkan Papua yang damai,” kata Kapolda Irjen Pol Fakhiri.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: