Kesiapan Sekolah di Papua Mulai Belajar Tatap Muka 2021 Sudah 80 Persen

Antara · Kamis, 26 November 2020 - 11:15:00 WIT
Kesiapan Sekolah di Papua Mulai Belajar Tatap Muka 2021 Sudah 80 Persen
Kegiatan belajar mengajar di Nabire mulai berlangsung tatap muka. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Kesiapan sekolah di wilayah Papua sudah mencapai 80 persen untuk menggelar belajar tatap muka pada awal 2021. Protokol kesehatan harus diterapkan secara maksimal untuk mencegah penularan Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait mengatakan, sudah mempersiapkan diri sejak lama terkait kebijakan pembukaan sekolah pada Januari 2021.

"Dalam rencana pembukaan sekolah kembali ada beberapa daftar yang harus disiapkan sekolah masing-masing, kami juga sudah meminta organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya untuk memberikan dukungan," kata Christian di Kota Jayapura, Papua, Rabu (25/11/2020).

Misalnya jika sekolah butuh air maka harus disiapkan Dinas PU atau PDAM. Terkait keperluan masker atau hand sanitizer, disiapkan oleh Dinas Kesehatan atau Dinas Sosial. Begitu juga peran-peran dinas terkait lainnya.

"Harus banyak pihak atau OPD yang terlibat dalam mempersiapkan sekolah ini, selain itu, kami terus mempersiapkan dengan mengecek langsung di lokasi," katanya.

Sedangkan untuk SD dan SMP, pemerintah daerah harus mengambil alih secara keseluruhan apakah siap atau tidak. Karena hal ini menjadi kewenangan pemerintah daerah tiap-tiap kabupaten dan kota di Papua.

"Dari surat edaran Kemendikbud, penekanannya kewenangan pembukaan sekolah itu tetap ada di daerah, sehingga teman-teman di daerah harus memastikan bahwa sekolah tersebut siap dibuka," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal