KKB di Papua Dinilai Sedang Cari Perhatian Dunia Jelang Sidang Umum PBB

Andi Mohammad Ikhbal ยท Minggu, 20 September 2020 - 07:40:00 WIT
KKB di Papua Dinilai Sedang Cari Perhatian Dunia Jelang Sidang Umum PBB
Anggota TNI-Polri mengamankan area rawan di Papua. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Aksi teror kelompok kriminal bersenjata (KKB) di sejumlah wilayah Papua belakangan ini diduga untuk mencari perhatian dunia. Mereka ingin memprovokasi keamanan di Indonesia jelang sidang umum PBB pada 22-29 September 2020.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, tindakan KKB beberapa hari ini telah menewaskan dua orang anggota TNI yakni Serka Sahlan dan Pratu Dwi Akbar.

"Kelompok ini memang selalu memanfaatkan momen-momen tertentu untuk mencari perhatian dunia," kata Kolonel Suriastawa dalam keterangannya di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (19/9/2020).

Selain itu mereka juga menyebarkan teror lewat media sosial berupa ancaman, intimidasi dan provokasi terhadap seluruh penerbangan di Papua yang mengangkut personel TNI-Polri.

"Kami minta warga tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan kebohongan di akun medsos itu," ujar dia.

Meski teror KKB akhir-akhir ini meresahkan, namun aparat dari TNI dan Polri akan senantiasa menjaga keamanan dan kenyamanan warga saat beraktivitas sehari-hari.

Sementara itu Kapendam XVII/Cendrawasih, Letkol Arm Reza Nur Patria mengatakan, aparat TNI-Polri tak gentar. Justru akan meningkatkan patroli untuk memburu pelaku dan menjaga daerah-daerah rawan.

"Atas kejadian ini, aparat gabungan TNI dan Polri akan meningkatkan patroli untuk menangkap pelaku teror di kawasan tersebut, demi ketenangan warga masyarakat," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal