KKB Tembak 2 Anggota Gugus Tugas Covid-19 saat Antar Obat di Wandai, Seorang Meninggal

Chanry Andrew Suripatty, Antara ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 23:03 WIB
KKB Tembak 2 Anggota Gugus Tugas Covid-19 saat Antar Obat di Wandai, Seorang Meninggal
Petugas gabungan menyelidiki kasus penembakan di wilayah Tembagapura Papua. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak dua tenaga medis anggota Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 di Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua, Jumat (22/5/2020). Satu orang di antaranya meninggal.

Kapolres Intan Jaya, AKBP Yuli Karre Pongbala mengatakan, dari laporan yang diterima, dua petugas medis yang tergabung dalam Satgas COVID-19 Intan Jaya yakni Almalek Bagau dan Eunico Somou. Keduanya ditembak KKB saat hendak mengantar obat-obatan terkait penanganan pasien corona.

"Eunico Somou dilaporkan meninggal akibat luka tembak. Sementara rekannya Almalek dalam keadaan kritis dan dirawat di Pastoran Wandai," kata Yuli, Jumat malam.

Yuli mengatakan, kedua petugas tenaga medis itu sebelumnya ditugaskan oleh Dinas Kesehatan Pemkab Intan Jaya sebagai anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. "Keduanya mengantongi surat tugas dari kepala Dinas Kesehatan Intan Jaya," ujarnya.

Dia mengatakan, petugas Polres Intan Jaya berencana datang ke lokasi untuk mengevakuasi kedua korban penembakan KKB. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu sekitar lima jam dan harus melintasi jembatan gantung

"Kami rencananya Sabtu (23/5/2020) akan ke TKP untuk mengevakuasi korban," ujar Yuli.

Dia menambahkan, saat ini di Wandai belum ada pos polisi dan tidak ada jaringan telekomunikasi. Polres Intan Jaya akan berkoordinasi dengan TNI untuk proses evakuasi kedua korban yang rencananya menggunakan helikopter.


Editor : Maria Christina