Kompleks Warga Tolak Rapid Test Sumbangkan Kasus Covid-19 Terbanyak di Sorong

Chanry Andrew Suripatty, Antara ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 08:25 WIB
Kompleks Warga Tolak Rapid Test Sumbangkan Kasus Covid-19 Terbanyak di Sorong
Sebagian warga di Sorong menjalani rapid test. (Foto: Antara).

ORONG, iNews.id - Sebanyak 21 pasien terkonfirmasi positif virus corona ditemukan di Kelurahan Klaligi, Kota Sorong, Papua Barat. Wilayah ini menyumbangkan kasus Covid-19 terbanyak di daerah tersebut.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sorong, Rudy R Laku mengatakan, ada 18 kasus baru pada Kamis (28/5/2020). Sembilan kasus di antaranya berasal dari Kelurahan Klaligi, Distrik Manoi.

"Totalnya ada 21 pasien positif di Kelurahan Klaligi," kata Rudy di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis malam.

Penularan virus corona di wilayah tersebut sebagian besar diduga karena transmisi lokal. Sebab sudah terjadi penyebaran kasus dari 12 pasien positif corona yang berasal dari klaster Ijtima Dunia 2020 Kabupaten Gowa.

Dia mengatakan, hingga 28 Mei 2020 total pasien positif virus corona di Kota Sorong sebanyak 50 orang. Kelurahan Klaligi menyumbangkan kasus terbanyak dengan jumlah 21 warga terinfeksi Covid-19.

Rudy mengungkapkan bahwa jumlah pasien positif virus corona di Kota Sorong terus meningkat sehingga diharapkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan secara maksimal.

"Kurangi ke luar rumah jika tidak ada keperluan penting, gunakan masker saat di luar rumah, rajin cuci tangan serta menerapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga," ujarnya.

Sebelumnya puluhan warga di Kelurahan Klaligi, menolak rapid test untuk mendeteksi dini penularan virus corona. Sebagian besar dari mereka sudah kabur ke pulau-pulau sekitar Kota Sorong dan memilih isolasi mandiri.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal