Kronologi Penangkapan Usimin Telenggen, Ditangkap saat Belanja di Pasar

Puteranegara Batubara ยท Jumat, 23 Juli 2021 - 16:40:00 WIT
Kronologi Penangkapan Usimin Telenggen, Ditangkap saat Belanja di Pasar
Razia senjata tajam di Puncak Jaya. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Satgas Operasi Nemangkawi menangkap DPO anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB), Osimin Wenda alias Usimin Telenggen. Dia diamankan di Kampung Wandigobak, Kabupaten Puncak Jaya, Papua saat sedang berbelanja di pasar. 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, awalnya aparat keamanan mendapat informasi bahwa pelaku turun ke kota dan berada di pasar.

"Selanjutnya tim melakukan penyelidikan di sekitar Pasar Distrik Mulia," kata Kamal di Kota Jayapura, Papua, Jumat (23/7/2021).

Pada pukul 11.00 WIT, tim melihat pelaku bergerak dari pasar menggunakan kendaraan roda dua dan menuju jalan yang mengarah ke Distrik Philia. Ketika itulah petugas mengejar anggota teroris KKB tersebut.

"Pada pukul 11.25 WIT, tim memberhentikan pelaku di Kampung Wandigobak dan langsung menangkapnya. Lalu tim mengamankannya di Mapolres Puncak Jaya," ujar dia.

Kamal menyebut, saat ini pelaku dalam pemeriksaan intensif penyidik Satreskrim Polres Puncak Jaya. Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku diketahui sering memalak sopir truk yang melintas di jalan menuju Philia, Kabupaten Puncak Jaya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal