Kru Helikopter PT NUH yang Mendarat Darurat di Kabupaten Paniai Papua Berhasil Dievakuasi

Edy Siswanto ยท Minggu, 20 September 2020 - 12:29 WIT
Kru Helikopter PT NUH yang Mendarat Darurat di Kabupaten Paniai Papua Berhasil Dievakuasi
Lokasi helikopter PT NUH yang mendarat darurat di pedalaman Kabupaten Paniai, Papua. (Foto: iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id – Sebanyak tiga kru helikopter PK-USS milik PT National Utility Helocopter (PT NUH) yang hilang kontak sejak hari Kamis (17/9/2020) berhasil dievakuasi. Ketiganya dievakuasi dengan cara diangkat menggunakan tali safety dari darat menuju helikopter, Sabtu (19/9/2020) siang.

Ketiga kru terdiri atas Pilot Kapten Endy Nawalaga, Kapten Erik Kurniawan dan kru M Aswar Jamal. Mereka berhasil dievakuasi usai kelikopter yang membawa mereka mendarat darurat di pinggiran Kali Degewou kawasan hutan pedalaman Kabupaten Paniai, Papua.

Kabid Humas Polda Papua, AKBP AM Kamal mengatakan, helikopter mendarat darurat di cekungan sungai. “Jadi tidak benar kalau helikopter itu jatuh, katiga kru dikabarkan selamat,” katanya.

Proses evakuasi dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, tim evakuasi membawa dua korban yakni Pilot Kapten Endi Nawalaga dan Kapten Erik Kurniawan. Sementara tahap kedua, tim mengevakuasi kru Muhamad Aswar Jamal.

Ketiganya lantas diterbangkan menuju Bandara Aturure Douw Nabire untuk selanjutnya dilarikan ke Rumah Sakut Umum Daerah (RSUD) setempat.

Sebelumnya, helikopter PK-USS milik PT National Ultility Helicopter (PT NUH) dilaporkan hilang kontak pada Kamis (17/9/2020). Namun pada Jumat siang, heli ditemukan di ketinggian 4.700 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Helikopter PK-USS diduga mendarat darurat di cekungan aliran sungai dengan posisi heli terbalik ke samping akibat tumpuan tanah miring. Helikopter ditemukan setelah ketiga kru helikopter memberikan tanda-tanda meminta pertolongan. Mereka menggunakan lambaian kain merah pada Jumat siang.


Editor : Umaya Khusniah