Kuasai Ilaga, Pasukan Gabungan TNI-Polri Kepung KKB Pimpinan Lekagak Telenggen

Saldi Hermanto ยท Selasa, 27 April 2021 - 20:38:00 WIT
Kuasai Ilaga, Pasukan Gabungan TNI-Polri Kepung KKB Pimpinan Lekagak Telenggen
Satgas Nemangkawi mengamankan lapangan terbang Beoga. (Foto: iNews/Andrew Chanry)

TIMIKA, iNews.id – Pasukan gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Nemangkawi sudah menguasai wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua yang menjadi lokasi kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Satgas Nemangkawi juga sudah mengepung KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

"Wilayah masih kita kuasai dari TNI-Polri, gabungan yang sudah mengepung mereka (KKB) itu," kata Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia di Timika, Papua, Selasa (27/4/2021).

Dengan kondisi itu, dia berharap agar aparat keamanan yang melakukan penindakan bisa segera menangkap pelaku-pelaku kriminal yang selama ini mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kabupaten Puncak dan sekitarnya.

Kontak tembak sebelumnya terjadi antara aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Nemangkawi mulai pukul 08.00 WIT di Markas KKB di Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara.

Dampak dari operasi penindakan tersebut menyebabkan tiga anggota Polri menjadi korban tertembak KKB.

Salah satu anggota Brimob Resimen 3 Pelopor, Bharatu I Komang Nata Wira Natha, meninggal dunia. Sementara Dantim Bravo 9 Belukar Ipda Anton Tonapa dan Bripka Muhammad Saefuddin mengalami luka tembak. Keduanya kini masih dirawat di ruang IRD RSUD Mimika.

Rencananya, Rabu, 28 April 2021, jenazah Bharatu I Komang Wira Natha diberangkatkan ke Pelembang. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: