Lockdown di Papua, Gubernur Lukas Enembe Akan Evaluasi Kebijakan PPKM Lebih Dulu

Antara ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 13:25:00 WIT
Lockdown di Papua, Gubernur Lukas Enembe Akan Evaluasi Kebijakan PPKM Lebih Dulu
Suasana Natal di Jayapura terpantau sepi. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Gubernur Papua, Lukas Enembe, akan lebih dulu mengevaluasi kebijakan PPKM mikro yang diterapkan di sejumlah daerah. Lockdown bisa diterapkan bila kasus Covid-19 di daerah tersebut semakin parah.

Juru bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus mengatakan, agenda lockdown masih akan dibahas bersama Satgas Covid-19 pada Rabu (21/7/2021) hari ini. Wacana ini muncul setelah rapat terbatas virtual bersama Presiden Jokowi.

"Hari ini akan ada evaluasi PPKM mikro yang tengah berlangsung dan akan berakhir pada 25 Juli 2021 nanti," kata Rifai di Kota Jayapura, Papua, Selasa (20/7/2021).

Lukas Enembe meminta semua pemangku kepentingan agar dapat bersinergi dan bergerak cepat. Langkah ini diperlukan agar pandemi Covid-19 di Papua tidak semakin parah.

Sebelumnya Gubernur Papua meminta kepada masyarakat bersiap dengan kebijakan lockdown selama satu bulan. Langkah ini untuk memutus penyebaran Covid-19 di provinsi tersebut.

Juru bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus mengatakan, penerapan lockdown berarti menutup akses masuk dan keluar daerah, baik jalur penerbangan maupun laut.

"Penutupan ini diperkirakan berlangsung pada 1 Agustus-31 Agustus 2021," kata Rifai.

Sebelumnya kasus penularan Covid-19 di Papua kembali meningkat. Hal ini baru diketahui setelah hasil pemeriksaan laboratorium bahwa ada wabah Covid-19 varian delta di Kabupaten Merauke dan Mimika.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal