Mantan Polisi Diduga Jadi Aktor Kaburnya Puluhan Narapidana di Wamena

Antara ยท Kamis, 24 Januari 2019 - 13:14 WIT
Mantan Polisi Diduga Jadi Aktor Kaburnya Puluhan Narapidana di Wamena
Ilustrasi penjara. (Foto: Okezone).

WAMENA, iNews.id - Seorang mantan anggota polisi diduga sebagai aktor di balik kaburnya 27 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas II B Kabupaten Wamena, Papua pada Selasa (22/1/2019) lalu.

Kepala Lapas Kelas II B Wamena, Yusak Bin Sabetu, mengaku tak tahu pasti status anggota polisi ini, apakah sudah dipecat atau masih aktif. Namun, dia tercatat sebagai tahanan di lapas tersebut.

"Dia memang diduga sebagai aktor kasus tersebut," kata Yusak di kantornya di Kabupaten Wamena, Papua, Kamis (24/1/2019).

Kecurigaan itu muncul setelah ada anggota polisi yang hendak membawa terduga mengikuti upacara di Polda Papua. Menurut Yusak, ada kabar dia ingin dipindahkan, sehingga dia berbuat hal yang tidak menyenangkan.

Oknum polisi yang juga terlibat kasus narkoba itu ke Lapas Doyo Kabupaten Jayapura. Alasannya, karena terduga dianggap berbahaya, jadi harus mendapat pengawasan ketat.

"Akan tetapi, kami terlambat, dia lebih dahulu (melarikan diri)," ujar dia.

Sementara itu Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya, menegaskan oknum tersebut merupakan mantan polisi. Dia memang diduga telah menggerekkan narapidana untuk melarikan diri.

Hingga kini, mantan polisi tersebut bersama 21 narapidana lainnya masih berkeliaran. Polisi masih memburu mereka. Sebagian besar narapidana yang kabur adalah pelaku pencurian motor dengan kekerasan, pemerkosa, dan narkotika.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal