Mengenal Mayor Udara Corinus Krey, Tokoh Pejuang Pembebasan Papua dan Pencetus Nama Irian

Riezky Maulana · Minggu, 14 Februari 2021 - 16:43:00 WIT
Mengenal Mayor Udara Corinus Krey, Tokoh Pejuang Pembebasan Papua dan Pencetus Nama Irian
Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi berkunjung ke kediaman mendiang Mayor Udara Corinus Krey, tokoh perjuangan Papua. (Foto: Dispenau).

JAYAPURA, iNews.id – Tak banyak orang mengenal nama Mayor Udara Corinus Marselus Koreri Krey. Sosok dan rekam jejaknya seolah terlupakan. Padahal, Corinus Krey merupakan salah satu tokoh pejuang Papua yang berjasa besar bagi Indonesia.

Terkuaknya kembali peran besar Corinus Krey dalam pergulatan perjuangan di Papua berawal dari kunjungan Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi ke rumah Pahlawan Nasional asal Papua, Marthen Indey. Dalam pertemuan tersebut, Budhi Achmadi bertemu dengan Ibu Aca, salah satu cucu yang bertugas merawat Marthen Indey hingga akhir hayat.

Dalam perbincangan itu, Aca menyampaikan amanah Marthen Indey. Disebutlah nama dan jejak Corinus Krey yang merupakan rekan perjuangan Marthen Indey.

"Jasa Corinus Krey kepada bangsa Indonesia dan Papua sangat besar. Apapun bentuk penghargaan negara kepada saya, maka Corinus Krey juga pantas untuk mendapatkannya. Kami mohon agar Corinus dapat diurus menjadi pahlawan seperti Bapak kami dan komandan bisa menemui Ibu Corinus karena beliau masih ada," kata Aca, dalam keterangan resmi TNI AU, Minggu (14/2/2021).

Berdasarkan informasi tersebut, Budhi Achmadi bergerak cepat. Lulusan Akademi Angkatan Udara 1994 ini segera berkunjung dan akhirnya berdialog dengan keluarga Corinus Krey. Dari perbincangan ini lah terungkap informasi lengkap tentang perjuangan sosok “terlupakan” itu.

Corinus Krey bergabung bersama TNI AU berstatus sebagai Mayor Kehormatan sejak 1967-1975. Untuk diektahui, pangkat Mayor AU yang disandangnya waktu itu sudah menjadi pangkat militer tertinggi yang disandang putra asli Papua, bersama tokoh pejuang lain yang mendapatkan pangkat kehormatan yaitu Marthen Indey dan Abraham Dimara sebagai Mayor AD.

Pangkat militer itu diberikan kepada tokoh asli Papua yang telah berjasa besar memperjuangkan pembebasan Papua dari kolonialisme Belanda.

Kisah perjuangan Corinus berawal dari gerakan pemuda yang dirintis Kepala Sekolah Beestur (Pamong Praja) Jayapura, Soegoro Atmoprasodjo, yang melibatkan Frans Kaisiepo (siswa sekolah Beestur) dan Corinus Krey (ajudan Soegoro). Soegoro merupakan salah satu penggerak nasionalisme di Papua.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: