Nelayan asal Jayapura Tenggelam, SAR: Korban Diperkirakan Masuk Perairan Papua Nugini

Antara ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 20:15 WIB
Nelayan asal Jayapura Tenggelam, SAR: Korban Diperkirakan Masuk Perairan Papua Nugini
Proses pencarian Tim SAR di perairan Papua. (Foto: Dok iNews)

SENTANI, iNews.id - Pencarian nelayan asal Kota Jayapura, Papua, yang jatuh dari atas rumpon 775 pada Sabtu (14/12/2019) sore masih belum membuahkan hasil. Korban diduga masuk perairan negara tetangga Papua Nugini, sehingga sulit untuk dilakukan pencarian.

Kepala Kantor SAR Jayapura, Putu Arga Sujawadi mengatakan, memasuki hari keempat korban masih dalam proses pencarian. Mengacu SAR Map, diprediksi korban berada di perairan Papua Nugini.

"Kita sudah prediksi dan juga koordinasi dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang menginformasikan bila ada penemuan-penemuan atau korban nelayan tersebut," kata Putu Arga kepada wartawan di Sentani, Kota Jayapura, Papua, Rabu (18/12/2019).

Bila berada di wilayah Papua Nugini, korban sudah berada di luar dari wilayah kerja SAR Jayapura, karena pihaknya tidak bisa masuk ke area tersebut.

"Dan yang lebih fokus adalah petugas perbatasan," katanya.

Sebelumnya, dikabarkan nelayan atas nama Rusli Hasilu (46), asal Jayapura jatuh dari atas rumpon 775 yang berjarak 42 NM dari Kantor SAR Jayapura. Kedua rekan korban sekaligus saksi mengatakan, mereka sebelumnya mancing di atas rumpon 775.

Namun korban terjatuh dari atas rumpon dan tidak muncul ke permukaan. Rekan korban bersama nelayan setempat sudah berusaha untuk melakukan pencarian namun hingga malam menjelang Subuh belum juga membuahkan hasil.

"Sehingga rekan korban bersama nelayan melaporkan peristiwa itu ke SAR Jayapura untuk melakukan pencarian," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal