Pandemi Covid-19 di Papua Belum Berakhir, Tim Kesehatan Harus Pantau Pergerakan Orang

Antara, Herawati ยท Kamis, 03 September 2020 - 13:05:00 WIT
Pandemi Covid-19 di Papua Belum Berakhir, Tim Kesehatan Harus Pantau Pergerakan Orang
Tim medis melakukan pemeriksaan kepada warga di Sentani. (Foto: iNews/Herawati).

JAYAPURA, iNews.id - Tim kesehatan dari puskesmas dan rumah sakit di Papua diminta ikut mengawasi pergerakan orang di daerahnya masing-masing. Sebab provinsi tersebut masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, Silwanus Sumule mengatakan, langkah ini harus dilakukan oleh semua fasilitas kesehatan di semua daerah Papua, tak hanya di kota-kota zona merah.

"Tetap menggiatkan kegiatan survailens, memantau tempat-tempat dimana ada pergerakan orang pada batas-batas kabupaten," kata Sumule di Kota Jayapura, Papua, Kamis (3/9/2020).

Selanjutnya, pemantauan juga dilakukan di lokasi-lokasi perbatasan keluar masuk daerah. Bukan hanya pergerakan antar-kabupaten dan kota di Papua, tapi juga di dari luar provinsi.

Para petugas kesehatan harus memastikan mereka yang masuk ke daerahnya dalam kondisi sehat. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan rapid test atau langsung tes swab.

Bila ada pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif atau hanya dinyatakan reaktif rapid test, tim langsung meminta mereka untuk isolasi mandiri atau bisa juga karantina di pusat penanganan Covid-19.

"Tambahan kasus corona di Papua pada Rabu (2/9/2020) kemarin, menunjukkan kepada kita bahwa pandemi ini belum berakhir dan perlu berbagai upaya lagi ke depannya," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal