Panglima TNI Ajak Tokoh Papua Bantu Sosialisasikan Vaksin Covid -19

Abdullah M Surjaya ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 23:00:00 WIT
Panglima TNI Ajak Tokoh Papua Bantu Sosialisasikan Vaksin Covid -19
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Foto: SINDOnews/Abdullah M surjaya)

PAPUA, iNews.idPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak tokoh agama di Papua untuk menyosialisasikan rencana vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat dalam waktu dekat. 

Menurut Panglima, dengan adanya sosialisasi dari masyarakat diharapkan tidak ada penolakan saat vaksinasi dilakukan di Bumi Cendrawasih.

Karena itu, Hadi mengajak para tokoh agama untuk membantu pemerintah dalam menyosialisasikan rencana vaksinasi, tentang pentingnya divaksin, pentingnya disuntik. 

“Sehingga masyarakat secara sadar mengikuti instruksi dari tokoh agama, karena di Papua semuanya mengikuti ajakan dari tokoh,” kata Marsekal hadi Tjahjanto dalam kunjungannya ke Papua, Jumat (8/1/2021).

Rencananya, kata dia, program vaksinasi dilakukan dalam dua tahapan. Untuk tahap pertama akan diberikan kepada 1,3 juta orang dan pemberian vaksin akan diutamakan kepada tenaga kesehatan termasuk anggota TNI dan Polri. 

Setelah itu tahap berikutnya pemberian vaksin kepada masyarakat sesuai dengan perencanaan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan.

”Namun selama menunggu, dan nantinya akan mendapat vaksin, tetap saya ingatkan bahwa protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan,” ungkapnya. 

Ajakan Hadi langsung disambut gembira oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Pendeta Lipyus Biniluk yang berjanji akan mengajak seluruh masyarakat Papua untuk mengikuti vaksin.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, bahwa Polri siap bersinergi dengan TNI untuk mengamankan pemberian vaksin sampai pelosok daerah. 

“Sampai nanti kegiatan vaksinasi di masing-masing titik vaksinasi, di sana pasti hadir anggota TNI dan Polri,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki