Papua Aman, Satgas Nemangkawi: KKB Hanya Ada di Gunung dan Hutan-Hutan

Andi Mohammad Ikhbal ยท Selasa, 18 Mei 2021 - 12:40:00 WIT
Papua Aman, Satgas Nemangkawi: KKB Hanya Ada di Gunung dan Hutan-Hutan
Kondisi di Bandara Ilaga Puncak terpantau normal. (Foto: Istimewa).

TIMIKA, iNews.id - Kondisi di wilayah Papua secara umum dinilai kondusif. Masyarakat diminta tak berpikir Bumi Cenderawasih tidak aman karena dalam kekuasaan kelompok kriminal bersenjata (KKB)

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, potensi gangguan KKB hanya di beberapa wilayah tertentu. Itu pun dekat dengan hutan dan pegunungan, bukan di wilayah perkotaanya.

"Seperti halnya di Kabupaten Puncak yang kini diteror KKB, namun aktivitas masyarakat di Kota Ilaga berjalan seperti biasa. Artinya tidak menyeluruh di satu daerah," kata Kombes Pol Iqbal dalam keterangannya, Selasa (18/5/2021).

Dia menegaskan, KKB hanya berada di zona mini yakni Kabupaten Mimika, Intan Jaya, Nduga dan Puncak. Itu pun tidak menguasai satu daerah, melainkan di lokasi tertentu.

"Kami TNI-Polri akan tetap melakukan penegakan hukum secara tegas dan terukur kepada kelompok teroris yang berada di zona tersebut," ujarnya.

Terkait penyelenggaraan PON Papua nanti, kata dia, berada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Secara umum keempat daerah tersebut kondusif.

Dia mengakui, banyak kontingen yang mempertanyakan keamanan di Papua. Namun dia menegaskan aparat keamanan dari TNI Polri siap menjaga penyelenggaraan acara dan memastikan keamanan daerah.

"Secara umum Provinsi Papua aman dan kondusif," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal