Pascapenembakan di Nduga, Pj Gubernur Papua: Pilkada Aman dan Kondusif

Okezone.com ยท Rabu, 27 Juni 2018 - 10:27 WIB
Pascapenembakan di Nduga, Pj Gubernur Papua: Pilkada Aman dan Kondusif
Pejabat (Pj) Gubernur Papua Soedarmo. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNews.id – Pejabat (Pj) Gubernur Papua Soedarmo memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Provinsi Papua berjalan aman, khususnya di Kabupaten Nduga. Hal itu menyusul keresahan masyarakat pascapenembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang merenggut tiga nyawa di Kota Keneyam.

"Secara umum situasi keamanan di Papua jelang pilkada ini cukup kondusif," kata Soedarmo di Rumah Dinas Gubernur Papua, Selasa (26/6/2018).

Dia mengakui, keamanan di Kabupaten Nduga saat ini masih belum cukup kondusif. Sehingga di beberapa wilayah, Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua ditunda pelaksanaannya.

"Memang ada satu kabupaten yang dalam taraf peningkatan keamanan. Yaitu Nduga karena ada peristiwa penembakan tersebut," ujarnya

Namun saat ini, aparat keamanan sudah melakukan penjagaan dan pengawasan di Nduga agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali.

Oleh sebab itu, untuk memastikan Pilkada Papua berjalan aman, Soedarmo akan memantau langsung jalannya pemungutan suara di sejumlah wilayah. Sesuai agenda, dia akan memantau di tempat pemungutan suara (TPS) 05 Kelurahan Mandala, Distrik Jayapura Utara, TPS 06 Kelurahan Numbay, Distrik Jayapura Selatan, TPS 10 Wamena, Distrik Heram dan beberapa daerah lain sebagainya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga berpesan agar masyarakat Papua bisa datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya. "Saya berharap agar masyarakat datang ke TPS meskipun tidak mendapatkan formulir C6. Cukup dengan menunjukan e-KTP saja," tuturnya.

Pilgub Papua diikuti oleh dua pasangan, yaitu Lukas Enembe-Klemen Tinal yang diusung koalisi Demokrat, Golkar, Hanura, PKPI, PKB, PKS, Nasdem dan PPP. Sementara John Wempi Wetipo diusung oleh PDIP dan Gerindra.


Editor : Donald Karouw