Pasien Covid Membeludak, RSUD Papua Barat Tutup Sementara

Antara ยท Jumat, 09 Juli 2021 - 13:30:00 WIT
Pasien Covid Membeludak, RSUD Papua Barat Tutup Sementara
RSUD Provinisi Papua Barat tutup sementara. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - RSUD Provinisi Papua Barat tutup sementara untuk para pasien Covid-19. Sebab daya tampung rumah sakit sudah melebihi batas lantaran membeludaknya orang terpapar virus corona.

Direktur RSUD Papua Barat, dr Arnold Tiniap, membenarkan penutupan tersebut mulai Jumat (9/7/2021) hari ini. Sebab ruang rawat inap pasien sudah over kapasitas.

"Saat ini ada 111 pasien Covid-19 yang dirawat, kami tutup sementara karena memang tidak ada lagi tempat untuk merawat pasien," kata Arnold di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat pagi.

Dia mengatakan, kapasitas daya tampung pasien Covid-19 di RSUD itu sebanyak 120 orang. Namun sebagian ruang belum memenuhi standar kelayakan untuk digunakan, sehingga daya tampung maksimal 110 orang saja.

Selain over kapasitas, Tiniap juga mengakui 20 tenaga kesehatan di RSUD Papua Barat yang positif terpapar virus corona. Kondisi ini membuat sebagian dari mereka isolasi mandiri sementara waktu.

"Ini berdampak pula pada pelayanan kami saat menangani pasien," ujarnya.

Selain itu, cadangan oksigen untuk pasien Covid-19 gejala sedang hingga berat di RSUD Papua Barat mulai menipis. Karena itu masyarakat diminta benar-benar menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Jika masyarakat terus abai, upaya Satgas Covid-19 dan semua pihak akan sia-sia untuk menekan laju penyebaran virus corona di daerah ini," kata Tiniap.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: